Table of Content

Google Play Points Hadir di Indonesia, Beli Aplikasi di Play Store Bisa Dapat "Hadiah"

Google Play Points Hadir di Indonesia, Beli Aplikasi di Play Store Bisa Dapat "Hadiah"

Google Play Points

Ada kabar baik untuk pengguna Android yang rajin melakukan pembelian di Google Play Store. Google kini resmi membawa program Play Points ke Indonesia. Head of Brand & Reputation Marketing Google Indonesia, Muriel Makarim, mengatakan melalui program Google Play Points ini pengguna Android yang sering melakukan transaksi di Play Store akan mendapat "imbalan".


Sesuai dengan namanya, imbalan tersebut berupa poin yang dapat dikumpulkan dan digunakan kembali untuk belanja di toko aplikasi Google Play Store. Kehadiran Google Play Points, menurut Muriel, merupakan sebuah bentuk apresiasi Google kepada para pengguna yang berada di wilayah Indonesia.


Muriel mengatakan, hadirnya program Google Play Points di Indonesia dipicu oleh besarnya minat pengguna pada kategori hiburan, terutama game.


"Melihat betapa besarnya growing dari game dari aplikasi secara general di Indonesia, kami dari Google ingin memberikan sesuatu yang berguna kepada pengguna, dan ini adalah program baru kami bernama Google Play Points," ungkap Muriel dalam acara peluncuran yang digelar secara online, Jumat (5/11/2021).


Muriel memberikan contoh fungsi dan kegunaan dari poin tersebut. Menurut Muriel, Google Play Points nantinya dapat digunakan untuk beragam transaksi seperti membeli item khusus dalam aplikasi, termasuk kupon, skin, hingga bundle eksklusif dalam game.


Muriel pun menegaskan bahwa poin ini tidak hanya bisa digunakan untuk membeli item berhubungan dengan game, tetapi juga film, atau buku, atau program langganan. "Program ini mencakup semua jenis aplikasi di Google Play Store, termasuk game, film, atau buku. Pokoknya semua yang tersedia di Google Play Store," kata Muriel.

CARA DAFTAR

cara daftar Google Play Points
Untuk menikmati program Google Play Points, pengguna wajib mendaftar terlebih dahulu. Caranya, buka aplikasi Google Play Store dan tekan foto profil akun yang terletak di pojok kanan aplikasi.


Selanjutnya pilih opsi Play Points dan tekan tombol Join for Free. Setelah bergabung, pengguna bisa melihat Google Play Points yang telah dikumpulkan pada sub-menu Earn dan tekan Use untuk melihat reward yang bisa ditukarkan.


Empat level Pengguna yang tergabung dalam program Google Play Points akan terbagi menjadi empat level yang berbeda, yakni Bronze, Silver, Gold, dan Platinum. Setiap level menawarkan benefit yang berbeda-beda, di antaranya seperti bonus kelipatan poin hingga tambahan poin gratis yang akan diberikan setiap minggunya.


Apabila baru bergabung, pengguna akan secara otomatis berada di level Bronze. Semakin tinggi level Google Play Points yang dimiliki, maka semakin banyak pula benefit yang diraih pengguna. Pengguna dapat naik level dengan mengumpulkan 300 poin untuk menuju Silver, kemudian 1.000 poin untuk level Gold, dan 5.000 poin untuk level Platinum.


Apabila tidak tertarik dengan yang ditawarkan, pengguna bisa menukarkan Google Play Points dengan Google Play Credit. Google Play Credit yang telah diraih dapat dibelanjakan kembali untuk menyewa film terbaru hingga membeli buku audio terlaris yang tersedia di Google Play Store. Skema pengumpulan poin Muriel turut memaparkan bagaimana skema perhitungan poin di program Google Play Point.


Pengguna akan mendapatkan 1 Play Point setiap melakukan transaksi kelipatan Rp 1.500 di Google Play Store. Bentuk transaksi yang dapat dilakukan cukup beragam, seperti membeli item di dalam game, membeli buku, menyewa film, melakukan pembayaran YouTube Premium, dan masih banyak lagi. Google telah bekerja sama dengan lebih dari 25 partner dan pengembang untuk menghadirkan bundling item menarik dan diskon khusus.


Beberapa di antaranya termasuk developer lokal seperti Agathe yang sudah memasukkan salah satu game besutannya, yakni Memories: My Story, My Choice dan Lyto yang mengembangkan game Angel Squad. Google turut menggandeng sejumlah developer internasional, yaitu Mihoyo (Genshin Impact), Moonton (Mobile Legends), Niantic (Pokemon Go), Garena (Free Fire), dan masih banyak lagi.


"Ke depannya kita berharap list ini akan terus bertambah karena tentu semakin banyak opsi untuk member kita, pengalamannya juga akan semakin menyenangkan," pungkas Muriel.


sumber kompas




Posting Komentar